Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » ALL ABOUT LAYER MANGA STUDIO


Bagi kalian yang baru belajar mengenai digital painting pasti ketika menonton tutorial bingung apasih layer? itulah yang terjadi pada saya,yah seperti layer jika diterjemahkan merupakan lapisan dalam bahasa indonesia.

Jadi bisa dikatakan ketika kita membuat new canvas (halaman kerja / paper di manga studio), kita bisa menambahkan layer (lapisan) seberapa banyak dengan yang kita butuhkan, mungkin dari kalian akan bertanya mengapa kita memerlukan layer? nah ketika kita menambahkan layer 1 lalu kita menggambar sketsa di layer satu, setelah itu kita menambahkan layer 2 dan kita mulai inking,pada saat proses inking kita menghapus, yang terhapus hanya pada layer yang kalian sedang kerjakan, jadi layer satu tidak akan berpengaruh, jadi peran layer ini sangat memudahkan para artist saat menggambar karena dengan adanya layer bisa menimalisir kesalah. 



ketika kalian membuka manga studio dan membuat new canvas, kalian telah di sediakan layer yang pertama paling bawah paper dan layer 1, jika kalian ingin menambahkan layer lagi, kalian bisa klick pada tanda panah seperti diatas. 


L
LLalu saya akan membuat sketsa di layer tersebut, jadi layer bisa kita rename agar mudah mengingat, yang mana layer untuk coloring, inking dan lainnya. 

LLalu saya akan atur opacity, tingkat transparan pada layer tersebut, jadi sebelum saya akan inking gambar tersebut, sebelumnya agar lebih mudah akan saya turunkan opacity menjadi 25 agar lebih transparan, kalian bisa menurunkan senyaman kalian saat akan mulai proses inking. 


Lalu buat new layer,dan mulailah proses inking di layer terebut, INGAT sebelumnya pastikan kalau kalian klik dulu layer baru ingking kalian sebelum proses inking, agar kalian tidak membuat line art (inking) pada layer sketch kalian. 




Setelah proses inking, nah sekarang saatnya kita untuk menghapus atau menghilangkan  sketsa kita, caranya dengan meng hilangkan tanda mata pada tanda panah diatas dengan cara men kliknya, setelah itu sketsa yang kalian buat pada layer tersebut akan hilang 


hilang




jadi seperti kalian lihat diatas,layer banyak jenis nya, kalian dapat meng klik tanda panah merah bertuliskan normal seperti diatas, akan banyak terlihat jenis-jenis dari layer,kalian dapat merubah layer seperti yang kalian inginkan. APA bedanya? yuk kita pelajari 



Untuk mengetahi  fungsi-fungsi layer, kita tambahkan dulu layer baru diatas layer inking, lalu ganti layer baru tersebut dari normal menjadi multiply, apa fungsinya? sebentar lagi kita akan belajar 



SSetelah itu kalian seleksi bagian yang ingin kalian warnai, gunakan pollylinemarquee atau magic wand, setelah itu pilih warna yang kalian ingin kan, lalu klik fill.





Beginilah hasilnya, ketika kalian menggunakan multiply layer, jadi line art kalian tidak tertumpuk dengan warna pada proses coloring.



Berbeda jika kalian menggunakan layr normal, line art yang sebelumnya kalian buat sebelumnya akan hilang. 



Namun jika kalian memindahkan layer yang kalian gunakan tadi menjadi di bawah layer inking kalian, inking (line art ) kalian akan muncul, jadi simpelnya layer paling atas tidak akan terpengaruh oleh layer di bahwanya. 


kita akan belajar layer lainnya, tambahan new layer lalu rubah menjadi add glow



seperti namanya,kita akan menambahkan efek cahaya, saya akan gunakan brush tool, yang saya gunaan yang soft 




tanda lingkaran merupakan bagian yang saya apply, jadi bisa dikatakan pada layer add glow hanya akan memberikan efek yang terlihat jika ada warna dasar sebelumnya, namuan ketika kalian apply pada bagian putih tanpa warna tidak akan terlalu terlihat efeknya. 


Namun keika kaian rubah menjadi normal, pada layer tersebut, akan berubah seperti ini, menarik bukan?



jika kalian rubah ke Color burn layer 



kali ini kita akan menambahkan gradasi pada gambar kita gelap terangnya, nah agar meminimalisir kesalahan kita buat layer baru, dengan tipe multiply. 


Lalu kalian seleksi bagian yang ingin kalian tambahkan warna,lalu fill dengan bucket tool.



Jika warna nya terlalu pekat kalian bisa hapus dengan soft eraser.
Ada juga tutorial basic mengenai manga studio yang dapat kalian tonton di youtube channel manga belajar, dibawah ini.








Semoga tutorial kali ini mengenai layer dapat membantu kalian yang baru belajar mengenai digital painting, kurang lebih pada photoshop juga sama dan software lainnya. jika kalian masih binggung just leave me comment down below, see you

Untuk tutorial lebih lengkap kamu bisa cek youtube channel kami di Maya Gami

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Manga Belajar

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

3 komentar

ALL ABOUT LAYER MANGA STUDIO
  1. Min buat versi youtube dengan durasi sebenarnya dong.. lebih enak kalo Vidio min..
    Makasi min.. makin kepo saya ini.. aaahihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiii nnti aku bakal buat versi video nya ya ^^
      kalo ada tutorial yang ingin kamu tau, bisa komen aja,

      Delete
  2. Terimakasih sungguh sangat membantu

    ReplyDelete