Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » My art supplies






Untuk menggambar manga dengan tinta saya tidak terlalu konsen dengan jenis kertas, saya gunakan merek apapun, tapi jika saya ingin menggambar portrait dengan charcoal saya gunakan kertas yang agak tebal merek lyra sketch book, beda halnya ketika menggambar dengan watercolor saya gunakan kertas merek canson, canson harganya cukup murah untuk jenis kertas watercolor namun kualitasnya cukup baik.


Selanjunya pensil,penghapus dan isi pensil, mungkin ini adalah hal yang pasti dimiliki oleh artist. saya memiliki beberapa jenis pensil berdasarkan ketebalannya contonya 6H,2B-8B saya gunakan ketika menggambar portrait menggabungkn antara charcoal dan pensil, namun ketika saya membuat sketch saya biasanya menggunakan pensil 6H, karena hasilnya yang sangat tipis bahkan setelah kalian tebalkan dengan tinta atupun watercolor kalian tidak perlu menghapusnya.




Drawing pen, Berbagai jenis mata pena, nib holder, diatas adalah alat-alat perang saya saat meninta manga .
Palette yang usang, sudah lama saya menggunakan 2 palette diatas untuk membantu proses penintaan, ketika saya meninta manga dengan G-pen atau dengan kuas sebelumnya saya tuangkan tinta ke palette karena wadah tinta yang agak besar dan berwarna hitam sulit untuk memperkirakan saat mencelupkan G-pen.



Tinta hitam saya gunakan tinta china, untuk warna putih highlight saya gunakan poster cat warna putih karena cat opaque copic cukup mahal.




beberapa gambar saya menggunakan G-pen



gambar saya menggunakan G-pen kuas dan copic






kadang saya juga suka menggambar hal tradisional bali





Copic dan stabilo berbagai  warna





Kuas watercolor dan cat minyak, saya menggunakan merek lyra untuk watercolor karena harganya yang cukup terjangkau dan kuasnya juga lembut tak merusak kertas.




Charcoal set, ada  compressed charcoal, white charcoal, charcoal stick, soft tortillion dan rubber eraser , cukup bnayak bukan? diatas adalah beberapa alat yang saya gunakan ketika menggambar portrait.
beberapa gambar portrait saya



Cat minyak, saya hanya menggunakannya sekali sejak pertama membeli, saat ke toko alat lukis hasrat ingin mecoba sesuatu baru dan ingin menambah koleksi akhirnya saya membeli 3 warna primer cat minyak.




Karena saya adalah fans berat Light Yagami, loh apa hubungannya? gambar makhluk diatas ada disalah satu photo light, tepat berada dibelakang Light Yagami. Saya menggambar wajahnya saja dengan cat minyak, namun yang lainya dengan watercolor, lalu saya potong dan tempel didinding kamar hehehhe


manikin
Manikin manga yang saya beli ini, apakah cukup membantu saat menggambar anatomi manga? saya katakan tidak, karena posisinya yang berdiri akan susah untuk menggerakan ke posisi yang saya inginkan, jadi sejak pertama saya membeli ini, ini hanya menjadi pajangan, namun jika kalian baru belajar anatomi manga dasar-dasar saya kira manikin ini akan cukup membantu kalian.








Beberapa jenis penggaris



Watercolor yang saya gunakan staedtler dan faber castel , cukup sederhana dan mudah kalian temukan dimana-mana, watercolor merek staedtler  dengan 12 warna, saya telah beli 6 tahun lalu ketika saya kelas 1 SMP cukup lawas dan hingga sekarang warnanya masih lengkap.


Beberapa gambar saya dengan watercolor







Pensil warna, saya tidak suka mewarnai seluruh manga saya ataupun gambar apapun dengan pensil warna, kenapa? karena hanya dengan pensil warna untuk menggambar keseluruhan gambar pasti akan memakan waktu yang lama, jadi biasanya saya gunakan pensil warna untuk memberikan detail pada watercolor ataupun mewarnai hal-hal kecil seperti mata, bibir ataupun hal yang detail lainnya.



Cukup simpel dan mudah untuk diadapat bukan? jika kalian ditahap pemula tidak usah terlalu banyak menghabiskan uang kalian unuk membeli alat-alat lukis yang profesional punya, namun upgrade  lah alat-alat lukis kalian sembari tingkatkan skill menggambar kalian.

Yang perlu kalian ingat bahwa Kim jung gi hanya menggunakan pen brush untuk membuat karya masterpiece nya.

Untuk tutorial lebih lengkap kamu bisa cek youtube channel kami di Maya Gami
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Mayagami

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

10 komentar

My art supplies
  1. Nice info.. tapi saya masih kurang ngerti soal penintaan. Saya gak tau cara makenya.mohon bimbingannya.

    ReplyDelete
  2. untuk step cara meninta manga dengan drawing pen kamu bisa baca di https://mangabelajar.blogspot.co.id/2016/01/step-cara-meninta-manga-how-to-inking.html
    jika kamu masih baru dalam menggambar manga sebaiknya pakai drawing pen tapi jika ingin serius lebih bik menggunakan g-pen, latih terus setiap hari tangan kamu dalam penintaan manga tanpa disadari tangan mu akan ngerti sendiri intinya semua membutuhkan proses, semangat ya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.. nice info..

      Delete
    2. Ooo.. jadi kalau nib holder itu diujungnya taruh mata pena terus tintanya masukin lewat mana?

      Delete
    3. iya bener, tapi waktu kamu mau ninta gambar, tinggal celupin mata pena ke tinta (gak ada tempat untuk masukin tinta), jadi setiap beberapa menit karena tinta nya uda habis, kamu harus celupin lagi mata pena ke tinta nya.

      Delete
  3. makasih.. ngomong2.. ada pin bbm/fb/yg lainnya gk? biar enak ngobrolnya.. kalo boleh aja.. kalo bk boleh juga gpp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf tapi aku uda ga pake bbm sama fb, kalo mau nnya2 lagi bisa email di mangabelajar@gmail.com

      Delete
  4. untuk g-pen bagusnya pake merek apa dan belinya dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu bisa beli di art media, harga nya cukup terjangkau cuma 15.000, kalo di tempat kamu ga ada art media bisa beli online di ig lumayan banyak olshop menjual alat-alat menggambar, semoga membantu

      Delete