Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » » » Alat-alat menggambar mangaka professional


Apa kalian sedang belajar menggambar manga? mungkin yang kalian butuhkan pada umumnya adalah pensil, penghapus, penggarin, kertas bergambar dan lainnya. Namun bagaimana dengan seorang mangaka? apa saja yang mereka perlukan untuk membuat manga? Nah dibawah ini adalah alat tempur mangaka yang wajib dimiliki mereka.

Alat untuk menggambar manga:


  • Pensil
     Pensil mekanik mekanik biasanya dipilih karna tingkat keefesiennya dan hasilnya lebih maksimal,dibanding dengan pensil kayu biasa pensil mekanik jauh lebih mudah dan efisien dikarenakan tidak perlu untuk meraut dan tentunya karna ukuran mata pensil lebih tipis, yang memudahkan untuk membuat sketch kasar yang lebih detail.

    Pensil mekanik biru ini bukan hanya berwarna biru, tapi berlabel kan non-photoghapic, banyak mangaka menggunakan pensil ini untuk menggambar sketsa manga, karena pensil biru ini tidak akan tampak jika di-scan atau di-copy.
  • penghapus
    Setelah membicarakan pensil, pastinya penghapus adalah temannya. Jika kita menggambar apapun hal yang dasar harus dimiliki adalah penghapus, pilihlah penghapus yang lembut tak merusak kertas dan tidak banyak mengeluarkan kotoran,umumnya mangaka memiliki penghapus dengan berbagai ukuran, contonya monozero untuk menghapus bagian-bagian yang sangat kecil, ataupun penghapus dengan ukuran sangat besar untuk menhapus latar belakang atau apapun yang berukuran besar.
  •  
  •  kneable eraser
  •  Kneable eraser ini teksture nya mirip dengan plastisin, kalian dapat membagi-bagi penghapus ini sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan, dan kalian dapat menyatukan nya lagi, penghapus ini sangat lembut dan tak meninggalkan kotoran hasil hapusan.
  • Penggaris dan drawing template



    curved french ruler
    Curved french ruler adalah penggaris yang digunakan untuk membuat background, efek-efek lainya pada manga dan menggambar segala sesuatu yang melengkung-lengkung. Drawing template adalah penggaris dengan berbagai bentuk, yang biasanya mangaka professional harus miliki untuk memudahkan membuat bentuk-bentuk tertentu.
    Kertas manuscript 

     
     Kertas ini adalah kertas yang biasa dipakai oleh mangaka, karena dilengkapi dengan garis pembatas dan lengkap dengan cm nya.

  • Manga manikins

      Untuk menggambar manga, seorang mangaka harus mengetahui anatologi tugbuh manusia, untuk itu diperlukan manikins ini, untuk memudahkan dalam proses menggambar gerak-gerakan manga.
  •  
  •  Feather sweeper
    Mungkin diantara kalian menganggap ini tidak penting, namun pernah kalian bayangkan jika mangaka harus meniup-niup bekas hapusan pengghapus? ataupun mengibas-ngibaskan manuscripct mereka? pasti memerlukan waktu ekstra dan tidak efesien, bahkan mungkin bisa mengotori ataupun membuat kertas manuscript kusut. Jadi Feather sweeper ini tidak kalah penting juga.





  • Alat untuk penintaan

    Pen nib holder



    Pen nib holder adalah batang atau badan untuk memasang mata pena.

Mata pena 



kabura/saji
 Mata pena ini juga biasa disebut Turnip-pen. fungsinya untuk membuat garis agak tebal stabil, hasil garis yang dihasilkan jauh lebih tebal dibanding maru-pen, biasanya digunakan untuk membuat background dan detail lainnya, bisa juga digunakan untuk membuat karakter namun menurut saya hasilnya kurang bagus karena garisnya tebal, dan tinta sering belobor.
G-pen

G-pen merupakan mata pena yang sering digunakan oleh mangaka professional untuk menggambar katakter, karena tebal dan tipis garis yang dihasilkan bisa divariasikan, meski untuk menguasai G-pen ini membutuhkan latihan khusus dan teratur. Karena aliran tintanya kurang mulus dibandingkan 2 mata pena lainnya. Dalam pemakaiannya haruslah hati-hati, tidak menekan terlalu keras karena dapat membuat mata pena merenggang dan usahakan setelah memakai mencuci di ari mengalir, agar tidak cepat mengkarat.
  
 
maru pen


 Maru -pen ini adalah mata pena dengan bentuk bulat, sedangkan 2 mata pena lainnya berbentuk setengah lingkaran, mata pena ini biasa digunakan untuk membuat background karna maru-pen ini memiliki ujung yang runcing yang menghasilkan garis tipis, mulus dan stabil. Namun maru-pen juga biasa digunakan untuk membuat karakter manga untuk detail ataupun membuat karakter manga dengan ukuran kecil.






Tinta hitam ini biasa digunakan untuk prose penintaan dengan bantuan pen holder dan jenis-jenis mata pena.


 
Tinta putih biasa digunakan untuk menghapus bagian yang terkena coret, namun tidak akan kelihatan ketika di-scan nantinya.
 Fude pen
 Fude pen digunakan oleh mangaka untuk mewarnai rambut manga, ataupun benda-benda yang berwarna hitam pekat lainnya.

 
Pulpen tinta putih




Pulpen tinta putih digunakan untuk membuat garis-garis halus berwarna putih pada rambut manga, untuk memberikan kesan tekstur rambut ataupun penghalang antara rambut dan pakaian yang sama-sama hitam.




Alat yang digunakan untuk mewarnai:




 Copic



Copic marker adalah salah satu marker professional yang tak hanya untuk menggambar manga, copic adalah marker serba guna biasa digunakan juga oleh arsitek, fashion designer dan artist lainnya.Copic memiliki 358 warna, yang harganya cukup menguras kantong, namun sebanding dengan hasil yang didapat.



Prisma color





Prisma color adalah salah satu pencil warna artist professional, yang harganya lumayan mahal. Namun dengan hasil yang diberikan dan banyaknya warna yang dihadirkan, prismacolor ini tetap menjadi senjata para artist termasuk mangaka.

WATERCOLOR



Watercolor? kalian mungkin berpikir mangaka biasanya mewarnai manganya dengan copic, benar, namun jika kalian membaca shoujo manga, mungkin kalian akan menyadari bahwa mangaka juga mewarnai manganya dengan watercolor.

Menurut saya untuk pemula, watercolor adalah pilihan yang tepat untuk memulai mewarnai manga kalian, kenapa? tidak hanya lebih murah dari copic, dengan hanya 12 warna kalian bisa menciptakan ratusan warna yang kalian inginkan.


Bagaimana? apakah kalian yang ingin menjadi mangaka telah memiliki salah satunya? 
yang terpenting adalah practice practice practice!!!! 



" Karena tugas seorang artist, membuat sesuatu dari hal biasa menjadi mahakarya"



Untuk tutorial lebih lengkap kamu bisa cek youtube channel kami di Maya Gami

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Mayagami

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

42 komentar

Alat-alat menggambar mangaka professional
  1. woooo surga banget ini bagi pecinta drawing manga.. keren . nice post (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng juga kalo bisa bantu bro, makasih uda mampir

      Delete
  2. woooo surga banget ini bagi pecinta drawing manga.. keren . nice post (y)

    ReplyDelete
  3. wow. terima kasih banget ilmunya

    indrawriter.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. Waaahhh.... bagus nih untuk percobaan amatir baru yang saat ini masih cuma pake pensil dan penghapus doang. Thanks infonya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gapapa menggambar dengan pensil dan penghapus sebagai permulaan, karena investasi terbesar seorang artist adalah skillnya. tetep semangat yah!

      Delete
  5. Saya baru tahu yang kneable eraser. Selama ini cuma pake penghapus staedtler biasa aja.

    ReplyDelete
  6. 10 Menit yang sangat bermanfaat, Sankyu

    ReplyDelete
  7. saya cuma mau konfirmasi, kayaknya nih author penggemar art nya takeshi obata. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keliatan banget ya hahah :D
      memang karya-karya nya takeshi obata, mencuci mata banget

      Delete
  8. Makasih. Saya mau nanya,kneable eraser itu biasanya dijual di toko apa dan harganya kisaran berapa? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada di toko khusus alat lukis, kalo kneable merek yang aku punya harganya 10 ribuan tapi kalo untuk fabercastell kurang lebih 20 ribuan, semoga membantu :D

      Delete
  9. Makasih. Kalau alat2 yang lain juga di toko khusus alat lukis ya? Sorry kalau banyak nanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya ada di toko alat lukis tapi tergantung juga tokonya sih, toko alat lukis lengkap biasanya art media. tapi kalo ga ada biasanya aku beli di instagram polkapolca dan artlinx_store, kalo ada pertanyaan ga usa sungkan :)

      Delete
    2. Makasih. Sangat membantu.

      Delete
  10. Whoa... menarik.
    baru tau ternyata boneka itu disebut manga manikins, dan baru paham juga ternyata manfaatnya untuk itu. Selama ini kirain boneka itu cuma sekedar art abstrak aja ^^"

    Dari semuanya, yang paling pingin dibeli itu si Copic :D tapi apa mahal banget ya

    ReplyDelete
  11. iya lumayan 50 rb/ pieces nya
    tapi kalo kamu memang suka menggambar dan design, harganya memang sesuai dengan kualitas nya

    ReplyDelete
  12. Itu tempat beli alat²nya dimana ya kira²?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada di artmedia, atau kamu bisa beli online di ig

      Delete
  13. makasih bangett aku jadi mudah buat gambar anime dan karakter lainnya dgn alat alat itu.......

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Ternyata alat alatnya lebih banyak dari perkiraan saya, soalnya biasa pake alat alat seadanya hehe, bagus infonya, dan terimakasih sudan menambah wawasan saya hehe. Mampir ke blogku ya kalo ada waktu
    Sketseer.blogspot.co.id
    Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang cukup banyk, tapi yg lebih penting lagi kalo kita mengasah skill menggambar. iya terimkasih juga uda mampir bro, salam kenal

      Delete
  16. beli g-pen dimana master... dan harganya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku beli di artmedia atau beli online di ig polcapalca

      Delete
  17. Halo gan, udah lama nih saya gk ngunjungin blog ini. Saya mau nanya lagi nih gan, IG polkapolca itu terpercaya gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terpercaya kok gan,atau kalo ga mau beli online bisake artmedia aja

      Delete
  18. kak mau tanya dong,.. kalau untuk meja/papan bewarna biru yg biasa untuk alas menggambar namanya apa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. meja biru yang gimana ya? kurang spesifik

      Delete
    2. yg ada garis-garis putih kak,.. yg biasa di gukanakan gambra bangunan ? mungkin kaya papan gitu ? mau tau harganya hehe

      Delete
    3. biru atau hijau biasanya ya? itu namanya crafting board, biasanya kurang lebih 50k 150 k, tergantung size nya

      Delete
    4. @manga belajar,.. makasih bro. akhirnya heheh arigatou gozaimasu

      Delete
  19. Assalammualaikum wr. wb. Mau tanya, untuk alat feather sweeper kita kalo mau cari dimana ya? Di indo ada yg jual alat itu ga? ditunggu balasannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiii, untuk feather sweeper nya itu aku lihatnya di interview@ mangaka, tpi kalo tempat belinya aku kurang tau, sorry.

      mungkin bisa cari di amazon

      Delete
  20. Kak bisa minta CP ,untuk sharing tanya2 dan belajar .salam kenal saya dr bekasi

    ReplyDelete