Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » Cara menjaga kuas lukis kalian



Mewarnai dengan cat air memang banyak alat-alat yang kita perlukan bahkan kita sering mencoba membeli alat-alat baru yang sebenarnya kita telah memiliki alat dengan fungsi yang serupa, tentunya kuas adalah barang yang tak boleh terlewatkan ketika kita melukis dengan cat air.

Mungkin kita sering mengalami permasalahan tentang kuas kita, kali ini saya memberitahukan tips untuk menjaga kuas cat air kalian agar tetap awet.



JANGAN MERENDAM KUAS KALIAN
Mungkin adalah hal yang biasa untuk seorang seniman melukis hingga larut malam bahkan subuh, ketika orang lain sedang tidur, malahan saat itulah yang pas karena suasana yang sunyi yang memunculkan kreativitas dan meningkatkan tingkat fokus para pelukis.


Nah bagi kalian para seniman, jangan pernah meninggalkan kuas kalian di dalam air semalaman.

Jika kalian sering meninggalkan kuas kalian terendam air, kuas kalian akan berakhir seperti gambar diatas, air akan merusak lapisan handle kuas kalian.





CUCI PADA AIR MENGALIR
Layaknya mencuci buah, sayuran ataupun bahan makanan ainnya, perlakukan kuas kalian dengan sama, jika kalian mencuci menggunakan air yang tergenang, kotoran tidak akan keluar dengan sempurna, jadi kaian membutuhkan air mengalir untuk membersihkan partikel-partikel yang menempel pada rambut-rambut kuas. 



KERINGKAN KUAS KALIAN
Setelah mencuci pada air mengalir tugas kalian belum selesai, kali ini keringkanlah kuas kalian, gunakan lap bersih untuk mengeringkan kuas, usahakan jangan menggunakan tisu ataupun kapan, karena dengan tekstur yang rapuh memudahkan untuk tisu/ kapan menempel pada rambut-rambut kuas.




TEMPATKAN KUAS KALIAN DENGAN BENAR
Rambut-rambut kuas cukup sensitif, jika kalian tidak menjaganya, rambut kuas kalian yang duunya runcing namun karena kalian tidak menyimpanya dengan benar kuas kalian akan megar layaknya rambut singa, nah untuk itu setelah kuas kalian kering tempatkan kuas kalian dengan posisi rambut kuas dalam posisi ke atas, atau ketika kalian ingin membawanya ke suatu tempat, jangan memaksakan untuk memasukkan pada tempat pensil yang kecil, ini akan merusak rambut kuas kalian.


Menjadi seorang seniman memang memiliki banyak perlengakapan yang harus dijaga, jagalah mereka layaknya kalian menjaga pacar kalian, sayangi, rawatlah mereka dan buatlah karya  yang indah bersama mereka.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Manga Belajar

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

4 komentar

Cara menjaga kuas lukis kalian
  1. kalau menggunakan kuas untuk watercolor pencil perawatannya juga sama ya?

    ReplyDelete
  2. Nice info gan, ane kbiasaan ketiduran dan kuas dalam keadaan di rendam >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, di rubah kebiasaannya biar ga cepet rusak ^^

      Delete