Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » » Cara mewarnai rambut manga untuk pemula





hello semua, belakangan ini saya lumayan sibuk karena tugas-tugas kampus dan karena ikut kontes di silent manga, kali ini kitaakan belajar bagaimana cara mewarnai rambut manga untuk pemula, jadi jika ini adalah kali pertama kalian mendengar manga studio,itu bukanlah masalah karena kita disini akan belajar dari nol IYA  BENAR DARI  0 



seperti biasa setelah kalian selesai menggambar sketsa dan menggambar outline,untukoutline biasanya saya gunakan mapping pen,karena membuat gambar lebih smooth di bandingkan g-pen 





setelah itu tambahkan layer baru , selalu ingat layer coloring berada di bawah layer inking, warnailah dengan warna dasar,tools yg saya gunakan untukmewarnai warna dasar adalah magic wand dan biasanya polyline marquee.


kalian jangan takut untukmecoba-coba tools yang telah tersedia,mungkin saja kalian bisa menemukan fungsi lain dari tools yang membuat proses pewarnaan lebih mudah dan bagus.




lalu buatlah layer baru, taruh diatas layer coloring,kaliini kita akan membuat shading, untuk shading pilihlah warnayang lebih tua, wana dasar rambut yang saya pilih adalah pink namun untuk shadingnya tidak selalu harus pink tua,namun kalian bisa memilih warna yang masih bisa masuk contohnya pink dan ungu merupakan perpaduan yang bagu.

untuk shading biasanya saya menggunakan mapping pen dan juga polyline marquee untuk pengaplikasian warna nya.




masih di layer yang sama, saya gunakan watecolor tooluntuk menambahkan shading lagi, warna yang saya gunakan seperti yang sayalingkarkan diatas.




lalu gunakan tools blend dan eraser untuk merapikan dan menyatukan warna rambut manga kalian.



selanjutnya kita akan membuat highlight pada rambut manga


buatlah layer baru berada paling atas,setelah itu ganti tipe layer dari normalmenjadi add (glow) layer ini akan membuat warna yang kamu aplikasikan akan memiliki efek bercahaya.

setelah itu gunakan tool polyline marquee untukmenyeleksi bagian-bagian rambut yanga kalian ingin tambahkan highlight,contohnya seperti gambar diatas.




 setelah itu gunakan tool airbrush dan pilih yang soft dan warna putih ke-kuningan, setelah itu aplikasikan warna pada daerah yang telah kalain seleksi tadi. 


fungsi seleksi adalah agar daerah yang tidak ter-seleksi tidak kena warna (jadi dengan kata lain daerah yang terseleksi saja yang merupakan media gambar kalain,yang lainya tidak akan terpengaruhi) 








langkah terakhir adalah menghapus bagian-bagian yang tidak kalian inginkan, rapikan hightlight tadi dengan cara menghapunya atau blend.

Sudah jadi,semoga tutorial kali ini cukup mudah untuk di ikuti, jika ada yang tidak kalian mengerti bisakomen di bawah ataupun email secara pribadi, semangat mencoba,see you in the next tutorial!

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Manga Belajar

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

2 komentar

Cara mewarnai rambut manga untuk pemula
  1. yg versi pro nya ada gk?

    ReplyDelete
  2. wihh sangat membantu sekali, makasih atas sarannya mhank 😁

    ReplyDelete